Kamis, 19 Mei 2016

study kelayakan bisnis



STUDI KELAYAKAN BISNIS
Bab 4
ANALISIS PEMASARAN STUDI KELAYAKAN BISNIS

Dosen Pembimbing:
H. Saifuddin Zuhri, SE, MM.




 







Di Susun Oleh:
Ahsin (NIM. 12411006)


JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN
2015
ANALISIS PEMASARAN STUDI KELAYAKAN BISNIS
PENGANTAR
setiap usaha yang didirikan dan berkembang bertujuan untuk memanfaatkan peluang pasar yang ada.                                                                                                                               Langkah selanjutnya dalam memilih suatu usaha adalah menganalisis pemasaran secara komprehensif dengan tujuan untuk merinci pemasaran secara lebih jelas dimulai dari memahami dan mengerti prospek pemasaran, menganalisis pesaing dan mengategorikannya sesuai tingkatan penguasaan pasar, mengidentifikasi pelanggan prospektif, dan menyusun strategi dan anggaran penjualan untuk merealisasikan tujuan dari pendirian suatu usaha.
IDENTIFIKASI PELANGGAN PROSPEKTIF
Pelaku studi dalam menyusun study pasarnya seharusnya mempergunakan pendekatan, yaitu hanya membidik segmen pasar yang spesifik dan menawarkan pada pelanggan apa yang benar-benar mereka butuhkan. Guna mencapai semua itu perlu disiapkan profil pelanggan secara lengkapAda lima cara untuk mengenal sifat orang-orang di pasar sasaran, diantarannya:
1.      Faktor Demografi, menyangkut masalah umur, tingkat pendapatan, pekerjaan, pendidikan, status keluarga, dan lain-lain.
2.      Faktor Geografi, berhubungan dengan tempat tinggal masyarakat.
3.      Faktor Psikografi, berhubungan dengan gaya hidup masyarakt sekitar atau mengungkapkan wawasan mengenai minat, sikap, dan kebiasaan-kebiasaan tertentu.
4.      Faktor Manfaat, menyangkut kepuasan yang dirasakan pelanggan dalam membeli produk/jasa.
5.      Faktor Guna, faktor ini lebih identik dengan pelanggan pemakai produk/jasa

MENYATUKAN PROFIL PELANGGAN
Profil pelanggan dapat dipandang dari berbagai sasaran . profil pelanggan berupaya mengidentifikasi dimensi dan bagaiman saling berhubungan untuk membentuk sifatv unit dari psar sasaran. Profil pelanggan juga dapat dianalogikan sebagai usaha dari pasar sasaran.
Profil ini Bertujuan untuk menggambarkan sifat multidimensi dari orang-orang di pasar, artinya pelanggan yang memiliki keunikan. Jika semua konsumen sama maka usaha dapat melakukan penyesuaian penawaran untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dan perbedaan dalam masyarakat menyebabkan mereka sulit untuk diidentifikasi, namun perbedaan mereka merupakan alasan begitu banyak peluang usaha baru.
ANALISIS PERSAINGAN
Langkah berikutnya dari analisis pasar adalah melakukan analisis lengkap dari usaha yang menawarkan jenis produk/jasadi daerah geografis yang sedang dipertimbangkan. Tujuannya untuk mengetahui berapa banyak usaha serupa yang mudah ada dipasar, apa yang mereka tawarkan, dan dimana lokasinya.
. Adapun cara dalam analisis persaingan adalah sebagai berikut.
1.      Menaksir penting tidaknya faktor yang dinilai (harga, mutu, dan lain-lain)
2.      Menaksir peringkat bisnis pada segmen ini.
3.      Setelah itu kalikan peringkat pentingnya faktor dengan peringkat bisnis sehingga didapatkan skor nilai segmen.
4.      Jumlahkan seluruh nilai faktor pada setiap segmen dan totalnya disebut total kekuatan relatif.

ANALISIS PASAR
Analisis pasar pada umumnya meliputi hal-hal berikut,
:
1.      Menentuka Tujuan Studi  untuk mengukur dan memperkirakan permintaan dalamketetapan waktu dan harga dari bsetiap produksi
2.      Studi Pasar Informasi Yaitu Menganalisis Kondisi Pasar.untuk mencari informasi dan menganalisis situasi produk
3.      Studi Pasar Formal. Untuk mendapat data secara detail
4.      Karakteristik Permintaan Saat Ini bertujuan mendapat gambaran untuk menganalisis dan menanalisis atas produk yang beredar
5.      Perkiraan Permintaan Akan Datang untuk meramalkan anatar permintaan dan penawaran dimasa yang akan datanag
6.      Merencanakan Strategi Pemasaraan memperkirakan penjualan yang diharap bisa dicapai
7.      Menilai Kelayakan Pasar penilaian atas barang /usaha patut untuk dilanjut atau berhenti sampai saat ini

STRATEGI PEMASARAN
Merupakan tahap dalam menentukan kekuatan dan kelemahan usaha yang ada dengan melakukan bauran pemasaran. Dalam strategi pemasaran terdapat empat unsur penting, yaitu:
1.      Strategi Produk/Jasa
Menentukan produk/jasa apa yang akan ditawarkan. Klasifikasi produk/jasa yaitu produk/jasa istimewa, produk belanja, produk/jasa sehari-hari, dan produk implus.
2.      Strategi Harga
. Ada empat pendekatan harga yaitu:
Ø  Pendekatan standar penaikan harga
Harga Eceran = Biaya + Kenaikan Harga
Ø  Pendekatan menandingi pasar
Ø  Pendekatan penetrasi pasar terhadap harga
Ø  Pendekatan skimming terhadap harga
3.      Strategi Promosi
Strategi promosi  mencakup siapa, apa, kapan, dan di mana penentuan usaha dapat memenuhi semua keinginan orang.
4.      Strategi Distribusi
Strategi distribusi bertujuan untuk menyalurkan atau menyediakan produk/jasa kepada konsumen.
RENCANA PEMASARAN
Merupakan kegiatan untuk merealisasi keputusan yang berhubungan dengan strategi pemasaran.
Isi Rencana Pemasaran
No
Bagian
Tujuan
1
Rangkuman eksekutif
Membuat ikhtisar singkat mengenai proposal rencana untuk keperluan manajemen
2
Situasi pemasaran saat ini
Memuat data latar belakang yang relevan mengenai pasar produk kompetensi, distribusi, dan lingkungan makro
3
Analisis peluang dan masalah
Mengenai peluang/ancaman/kekuatan/kelemahan dan masalah yang dihadapi oleh produk/jasa
4
Tujuan
Menjelaskan sasaran yang ingin dicapai dalam volume penjualan, pangsa pasar, dan keuntungan
5
Strategi pemasaran
Membuat pendekatan pemasaran secara global yang akan digunakan untuk mencapai tujuan
6
Program tindakan laba rugi
Mencari jawaban atas pertanyaan apa yang akan dilakukan? Berapa biayanya?
7
Perkiraan laba rugi
Meramalkan hasil keuangan yang diharapkan dari rencana
8
Pengendalian
Menunjukkan bagaimana rencana akan dikontrol
Sumber: kotler (1993) analisis perencanaan, implementasi, dan pengendalian pemasaran
ANGGARAN DAN PERKIRAAN BIAYA PENJUALAN
. Proses penyusunan anggaran ini dimulai dari:
a.       Membuat perkiraan penjualan
b.      Menetapkan harga jual masing-masing produk/jasa
c.       Menentukan daerah geografi pemasaran
d.      Menentukan anggaran biaya penjualan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar