STUDI KELAYAKAN BISNIS
Bab 4
ANALISIS
PEMASARAN STUDI KELAYAKAN BISNIS
Dosen Pembimbing:
H.
Saifuddin Zuhri, SE, MM.
Di Susun Oleh:
Ahsin (NIM. 12411006)
JURUSAN
AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM DARUL “ULUM LAMONGAN
2015
ANALISIS PEMASARAN
STUDI KELAYAKAN BISNIS
PENGANTAR
setiap
usaha yang didirikan dan berkembang bertujuan untuk memanfaatkan peluang pasar
yang ada. Langkah selanjutnya dalam memilih suatu usaha adalah
menganalisis pemasaran secara komprehensif dengan tujuan untuk merinci
pemasaran secara lebih jelas dimulai dari memahami dan mengerti prospek
pemasaran, menganalisis pesaing dan mengategorikannya sesuai tingkatan
penguasaan pasar, mengidentifikasi pelanggan prospektif, dan menyusun strategi dan anggaran penjualan untuk merealisasikan tujuan dari pendirian suatu usaha.
IDENTIFIKASI
PELANGGAN PROSPEKTIF
Pelaku studi dalam menyusun study pasarnya
seharusnya mempergunakan pendekatan, yaitu hanya membidik segmen pasar yang
spesifik dan menawarkan pada pelanggan apa yang benar-benar mereka butuhkan. Guna mencapai semua itu perlu disiapkan profil
pelanggan secara lengkapAda lima cara
untuk mengenal sifat orang-orang di pasar sasaran, diantarannya:
1.
Faktor Demografi, menyangkut
masalah umur, tingkat pendapatan, pekerjaan, pendidikan, status keluarga, dan
lain-lain.
2.
Faktor Geografi, berhubungan
dengan tempat tinggal masyarakat.
3.
Faktor Psikografi, berhubungan dengan gaya hidup masyarakt sekitar atau
mengungkapkan wawasan mengenai minat, sikap, dan kebiasaan-kebiasaan tertentu.
4.
Faktor Manfaat, menyangkut
kepuasan
yang dirasakan pelanggan dalam
membeli produk/jasa.
5.
Faktor Guna,
faktor ini lebih identik dengan pelanggan pemakai produk/jasa
MENYATUKAN PROFIL PELANGGAN
Profil
pelanggan dapat dipandang dari berbagai sasaran . profil pelanggan berupaya
mengidentifikasi dimensi dan bagaiman saling berhubungan untuk membentuk sifatv
unit dari psar sasaran. Profil pelanggan juga dapat dianalogikan sebagai usaha
dari pasar sasaran.
Profil ini Bertujuan untuk menggambarkan sifat multidimensi
dari orang-orang di pasar, artinya pelanggan yang memiliki keunikan. Jika semua
konsumen sama maka usaha dapat melakukan penyesuaian penawaran untuk memenuhi
kebutuhan mereka. Dan perbedaan dalam masyarakat menyebabkan mereka sulit untuk
diidentifikasi, namun perbedaan mereka merupakan alasan begitu banyak peluang
usaha baru.
ANALISIS
PERSAINGAN
Langkah
berikutnya dari analisis pasar adalah melakukan analisis lengkap dari usaha
yang menawarkan jenis produk/jasadi daerah geografis yang sedang dipertimbangkan.
Tujuannya untuk mengetahui berapa banyak usaha serupa yang mudah ada dipasar,
apa yang mereka tawarkan, dan dimana lokasinya.
. Adapun cara dalam analisis persaingan adalah
sebagai berikut.
1.
Menaksir penting
tidaknya faktor yang dinilai (harga, mutu, dan lain-lain)
2.
Menaksir
peringkat bisnis pada segmen ini.
3.
Setelah itu
kalikan peringkat pentingnya faktor dengan peringkat bisnis sehingga didapatkan
skor nilai segmen.
4.
Jumlahkan
seluruh nilai faktor pada setiap segmen dan totalnya disebut total kekuatan
relatif.
ANALISIS PASAR
Analisis pasar
pada umumnya meliputi hal-hal berikut,
:
1.
Menentuka Tujuan Studi untuk mengukur
dan memperkirakan permintaan dalamketetapan waktu dan harga dari bsetiap
produksi
2.
Studi Pasar Informasi Yaitu Menganalisis Kondisi Pasar.untuk mencari
informasi dan menganalisis situasi produk
3.
Studi Pasar Formal. Untuk mendapat data secara
detail
4.
Karakteristik Permintaan Saat Ini bertujuan
mendapat gambaran untuk menganalisis dan menanalisis atas produk yang beredar
5.
Perkiraan Permintaan Akan Datang untuk meramalkan anatar permintaan dan penawaran dimasa yang akan
datanag
6.
Merencanakan Strategi Pemasaraan memperkirakan
penjualan yang diharap bisa dicapai
7.
Menilai Kelayakan Pasar penilaian atas barang /usaha patut untuk dilanjut atau berhenti sampai
saat ini
STRATEGI PEMASARAN
Merupakan
tahap dalam menentukan kekuatan dan kelemahan usaha yang ada dengan melakukan
bauran pemasaran. Dalam strategi pemasaran terdapat empat unsur penting, yaitu:
1.
Strategi Produk/Jasa
Menentukan produk/jasa apa yang akan ditawarkan.
Klasifikasi produk/jasa yaitu produk/jasa istimewa, produk belanja, produk/jasa
sehari-hari, dan produk implus.
2.
Strategi Harga
. Ada empat pendekatan harga yaitu:
Ø Pendekatan standar penaikan harga
Harga Eceran = Biaya + Kenaikan Harga
Ø Pendekatan menandingi pasar
Ø Pendekatan penetrasi pasar terhadap harga
Ø Pendekatan skimming terhadap harga
3.
Strategi Promosi
Strategi promosi
mencakup siapa, apa, kapan, dan di mana penentuan usaha dapat memenuhi
semua keinginan orang.
4.
Strategi Distribusi
Strategi distribusi bertujuan untuk menyalurkan atau
menyediakan produk/jasa kepada
konsumen.
RENCANA
PEMASARAN
Merupakan kegiatan untuk merealisasi
keputusan yang berhubungan dengan strategi pemasaran.
Isi Rencana
Pemasaran
No
|
Bagian
|
Tujuan
|
1
|
Rangkuman eksekutif
|
Membuat ikhtisar singkat mengenai
proposal rencana untuk keperluan manajemen
|
2
|
Situasi pemasaran saat ini
|
Memuat data latar belakang yang
relevan mengenai pasar produk kompetensi, distribusi, dan lingkungan makro
|
3
|
Analisis peluang dan masalah
|
Mengenai
peluang/ancaman/kekuatan/kelemahan dan masalah yang dihadapi oleh produk/jasa
|
4
|
Tujuan
|
Menjelaskan sasaran yang ingin
dicapai dalam volume penjualan, pangsa pasar, dan keuntungan
|
5
|
Strategi pemasaran
|
Membuat pendekatan pemasaran
secara global yang akan digunakan untuk mencapai tujuan
|
6
|
Program tindakan laba rugi
|
Mencari jawaban atas pertanyaan
apa yang akan dilakukan? Berapa biayanya?
|
7
|
Perkiraan laba rugi
|
Meramalkan hasil keuangan yang
diharapkan dari rencana
|
8
|
Pengendalian
|
Menunjukkan bagaimana rencana
akan dikontrol
|
Sumber: kotler (1993) analisis
perencanaan, implementasi, dan pengendalian pemasaran
ANGGARAN DAN
PERKIRAAN BIAYA PENJUALAN
. Proses penyusunan anggaran ini dimulai dari:
a.
Membuat
perkiraan penjualan
b.
Menetapkan harga
jual masing-masing produk/jasa
c.
Menentukan
daerah geografi pemasaran
d.
Menentukan
anggaran biaya penjualan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar